KH. Falakhul Alam Dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MTsN 2 Mojokerto

0
1

MTsN 2 Mojokerto melaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad saw. Dalam pelaksanaannya MTsN 2 Mojokerto menghadirkan KH. Falakhul Alam untuk berikan tausiyah kepada Guru, Pegawai, dan Siswa. Dengan senang dan semangat mendengarkan tausiyah KH. Alam. Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, diikuti kurang lebih 920 orang. Tempat pelaksanaan maulid Nabi di masjid Al Hidayah MTsN 2 Mojokerto, yang dimulai pukul 06.30 WIB sampai selesai. 

Solikin Kepala Madrasah dalam sambutannya menyampaikan, kita sebagai umat islam wajib hukumnya untuk memperingati kelahirannya Nabi Agung Muhammad saw, sebagai umat islam harus mengikuti jejak-jejaknya Beliau Baginda Nabi Agung Muhammad Rosululloh saw, kata Rosululloh Nabi Muhammad saw siapa yang cinta kepadaku nanti akan bersama diriku di surganya Allah SWT, amin. Dan yang terakhir anak-anak harus mencatat apa yang akan disampaikan oleh KH. Fatkhul Alam tentang peringatan maulid Nabi Muhammad saw.

Menurut KH. Falakhul Alam dalam ceramahnya menyampaikan, nilai dan makna memperingati maulid Nabi Muhammad saw, diantaranya: Pertama, nilai spiritual, setiap insan muslim akan mampu menumbuhkan dan menambah rasa cinta pada beliau Nabi Muhammad saw. Kegembiraan Abu Jahal dengan kelahiran Nabi saw saja, dapat mengurangi siksa api neraka yang ia cicipi tiap hari Senin. Kedua, nilai moral dapat dipetik dengan menyimak akhlak terpuji dan nasab mulia dalam kisah teladan Nabi Muhammad saw. Ketiga, nilai sosial, memuliakan dan memberikan jamuan makanan para tamu, terutama dari golongan fakir miskin yang menghadiri majelis maulid sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Maha Pencipta Allah SWT. Keempat, nilai persatuan akan terjalin dengan berkumpul bersama dalam rangka bermaulid dan bershalawat  maupun berdzikir. Dengan memperingati Maulid Nabi saw kita dapat memetik nilai-nilai positif dari kepeminpinannya. (SK)